Posts

Cara Membentuk Manusia Seutuhnya

Image
<  yang menjadi sasaran dan obyek pendidikan Islam ialah manusia telah tergambar dan terangkum dalam al-Qur’an dan al-Hadits. Manusia dalam pendidikan sekuler penggambarannya diserahkan kepada pendapat mayoritas, atau pada orang-orang tertentu dalam masyarakat, atau pada seorang individu karena kekuasaannya, yang berarti diserahkan kepada angan-angan seseorang atau sekelompok orang tertentu, (Majid, 1985: 20)             Dengan demikian, manusia dalam pendidikan sekuler sangat bersifat spekulatif. Manusia dalam pandangan al-Qur’an dan al-Hadits adalah manusia yang lengkap, terdiri dari unsur jasmani dan rohani, unsur jiwa dan akal, unsur Pendidikan Islam tidak bersifat dikotomis dalam menangani unsur-unsur tersebut dengan menganggap lemah atau mengunggulkan yang satu atas yang lainnya. Melainkan dengan menganggap semuanya merupakan kesatuanorganis dan dinamis yang saling berinteraksi. Semua unsur tersebut adalah potensi yang dianugerahkan Allah SWT kepada manusia. Pendidi

Pendidikan Islam sarana proses penyembahan terhadap Tuhan

Pendidikan Islam Merupakan Proses Penyembahan Terhadap Tuhan             Al-Qur’an menggambarkan bahwa Allah SWT. adalah pencipta ( الخالق ) dan pemelihara alam semesta ( رب العالمين ). Dalam penciotaan alam semesta termasuk manusia – Tuhan menempuh proses yang memperlihatkan konsistensi dan keteraturan. Hal demikian dikenal sebagai aturan –aturan yang diterapkan Allah sendiri atau disebut sunnatullah. Dalam proses Pemeliharaan, Tuhan juga mematuhi sunnatullah, Tuhan mengurus, memelihara dan menumbuhkembangkan alam secara bertahap dan berangsur-angsur. Dalam konteks yang terakhir ini, Tuhan berada diposisi pendidik ( مربي ) yang sesungguhnya. Ketentuan ini meniscayakan penyertaan Tuhan dalam proses pendidikan tanpa menafikan peran serta manusia.             Peranan manusia dalam perndidikan secara teologis dimungkinkan karena posisinya sebagai makhluk, ciptaan Allah  SWT. yang paling sempurna dan dijadiak sebagai khalifah di muka bumi ( خالفة فى الارض ), sebagai mana dalam fir

Eksistensi Al-quran dalam Kehidupan Manusia

Saya punya beberapa kitab (mushaf) Al-Qur’an dirumah, selain saya dan istri, Al-Qur’an tersebut dibaca oleh anak-anak saya, baik karena inisiatif mereka sendiri, saya suruh atau karena ada tugas dari sekolah. Sekarang anak-anak sudah lancar membaca Al-Qur’an, sekalipun mungkin seperti saya juga, tidak tahu banyak apa artinya, bahkan untuk beberapa ayat sekalipun hapal artinya, belum tentu mengerti apa maknanya… Saya teringat dahulu ketika anak-anak mulai belajar mengaji, prosesnya persis seperti saya belajar mengaji, mula-mula kami diperkenalkan dengan huruf hijaiyah, alif, baa, taa, dan seterusnya, lalu, kalau huruf alif ada garis diatas dibaca ‘aa’, kalau garisnya dibawah dibaca ‘ii’, kalau ada ‘lengkungan kecil’ diatas dibaca ‘uu’, demikian seterusnya : baa.., bii.., buu…, lalu pelajaran berlanjut, dengan kata-kata sederhana, apabila satu huruf disambung huruf yang lain, apa bunyinya, dan seterusnya, lalui sampai kepada kalimat-kalimat Al-Qur’an.  Semua kegiatan te

Pentingnya Menyantuni Kaum Lemah

Pentingnya memberikan santunan kepada kaum lemah sangat perlu diperhatikan dan dilaksanakan,sebagaimana tercantum dalam A. Surah Al Isra 26-27 Dalam upaya menanamkan kepekaan untuk saling tolong-menolong tersebut, kita dapat membiasakan diri dengan menginfakkan atau memberikan sebagian rezeki yang kita peroleh meskipun sedikit.

Fungsi dan Manfaat Hutan

Image
Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas, 2009 ;Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh  pepohonan  dan  tumbuhan  lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung  karbon dioksida  ( carbon dioxide sink ),  habitat   hewan , modulator  arus hidrologika , serta pelestari  tanah , dan merupakan salah satu aspek  biosfer   Bumi  yang paling penting. Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah  tropis  maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di  pegunungan , di  pulau  kecil maupun di  benua  besar.

Cara Melestarikan lingkungan

Image
Kerusakan lingkungan terjadi sebagai akibat dilampauinya daya dukung lingkungan, yaitu tekanan penduduk terhadap lahan yang berlebihan. Kerusakan klingkungan hanyalah akibat atau gejala saja , karena itu penanggulangan kerusakan lingkungan itu sendiri hanyalah merupakan penanggulangan yang sistematis, yaitu penanggulangannya harus dilakukan lebih mendasar yang berarti menanggulangi penyebab dari kerusakan lingkungan. Karena itu sebab keruskan lingkungan yang berupa tekanan penduduk terhadap sumber daya alam yang berlebih harus ditangani. Usaha, cara, dan metode pelestarian hutan dapat dilakukan dengan mencegah perladangan berpindah yang tidak menggunakan kaidah pelestarian hutan , waspada dan hati- hati terhadap api dan reboisasi lahan gundul serta tebang pilih tanam kembali (Organisasi Komunitas dan Perpustakaan Online Indonesia, 2006).

Makna Lingkungan dalam Kehidupan

Image
Problema terjadi terhadap  lingkungan timbul sebagai akibat dari ulah manusia itu sendiri, dari hari ke hari ancaman terhadap kerusakan lingkungan semakin meningkat. Banyaknya pembukaan lahan baru mengakibatkan banyaknya hutan yang dirusak karena umumnya pembukaan lahan tersebut tidak mengikuti kaidah ekologi. Rusaknya hutan akan merusak ekosistem yang ada dihutan tersebut dan disekitar hutan dan merusak semua sistem kehidupan disetiap komponen yang ada di bumi ini. Melestarikan hutan berarti menyelamatkan semua komponen kehidupan, hutan yang terjaga akan memberikan tata air yang baik pada daerah hilirnya sehingga akan menyelamatkan semua kegiatan umumnya dan kegiatan ekonomi khususnya, selain itu hutan yang terjaga akan memberikan manfaat sangat besar bagi lingkungan, hutan sebagai paru-paru dunia akan mengurangi pemanasan bumi, mengurangi kekeringan saat musim panas dan mengurangi resiko longsor dan banjir saat musim hujan.